Kenali Dan Rawat Kesehatan Telinga Kita.

Telinga merupakan indra pendengaran yang sangat penting untuk kita. Pendengaran dikendalikan oleh saraf pendengaran yang disebut nervus auditorius. Fungsi dari nervus auditorius yaiyu mengumpulkan sensibilitas pada rongga telinga dalam. Bentuk dan ukuran telinga seseorang biasanya berbeda dengan orang lalin karena biasanya bentuk telinga diturunkan oleh dari orang tua. Sehingga bentuk telinga anak kebanyakan adalah sama dengan bentuk telinga orang tuanya.


Telinga terdiri dari tiga bagian, yaitu:
 1. Telinga Luar
  • Telinga luar merupakan bagian yang terlihat dari luar, yaitu terdiri dari daun telinga, lubang telinga dan saluran telinga luar. Daun telinga ( auricle ) disebut juga pinna, yang merupakan struktur tulang rawan yang berfungsi membantu mengumpulkan gelombang suara dan kemudian mengarahkan kedalam liang telinga menuju gendang telinga ( membrane tympany ). Lubang telinga ( meatus auditorius eksternus ) merupakan saluran hasil susunan tulang dan rawan yang dilapisi kulit tipis. Didalam saluran terdapat kelenjar yang menghasilkan zat serumen ( kotoran telinga ). Pada ujung saluran terdapat gendang telinga yang meneruskan telinga dalam.
2. Telinga Tengah
  • Telinga tengah merupakan suatu ruangan kecil yag terdapat didalam tengkorak. Pada ruangan tersebut terdapat tiga buah tulang pendengaran  yang disebut osikel, yang berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan getaran suara yang dihasilkan oleh gendang telinga yang terkena udara dari luar ke telinga begian dalam.
3. Telinga Dalam
  • Telinga dalam merupakan dari tikap oval dan saluran labirin. Tikap oval terbentuk dari rongga berisi cairan. Labirin dilapisi membrane sehingga membentuk membrane labirin. Labirin mengandung cairan yang didalam membran labirin disebut indolimfe, sedangkan cairan yang diluar membranedisebut perilimve.
Kita tentunya menginginkan telinga yang bersih dan sehat. Karena jika mengalami gangguan pada telinga akan sangat mengganggu, misalnya terdapat suara dengungan maupun terdapat cairan yang berbau. Untuk itu kita harus merawat telinga kita agar tetap bersih dan sehat.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghindari gangguan pada telinga antara lain :
  1. Jangan terlalu sering mengorek telinga, membersihkan telinga bagian luar saja.
  2. Menjauhkan diri dari kebisingan.
  3. Hindari penggunaan obat yang berefek samping.
  4. Memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga stamina tubuh.
  5. Memperbanyak minum air putih.
Demikianlah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghindari gangguan pada telinga.
 

2 Responses to "Kenali Dan Rawat Kesehatan Telinga Kita."

Harap

- Jangan komentar mengandung SPAM ( OOT, Link, Sara dan Pornografi )

Terima Kasih