Manfaat Si Pohon Lontar Atau Siwalan

Pohon lontar/siwalan merupakan tanaman sejenis palma yang terdapat di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri banyak ditemui di di Propinsi Nusa Tenggara Timur, antara lain di pulau Sabu, pulau Rote, dan pulau Timor. Selain itu pohon lontar/siwalan juga terdapat di Kabupaten Pati, Rembang Jawa Tengan, dan juga di Kabupaten Tuban serta Pulau Madura Jawa Timur.


Pohon lontar/siwalan sangat banyak kegunaanya, pucuk daunnya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan, daunnya dapat digunakan sebagai atap rumah, pelepahnya untuk dinding rumah, batangnya untuk tiang-tiang rumah dan air niranya yang disadap dari tongkol bunga untuk minuman dan buahnya dapat dijadikan sebagai campuran untuk es buah yang sering disebut kolang-kaleng kalau didaerah saya.

Air nira mengandung karbohidrat yang berguna untuk makanan pengganti. Hal tersebut sangat sesuai dengan maksud pemerintah dalam hal penganekaragan bahan makanan selain dari beras. Selain itu air nira pun dapat diolah menjadi sirup atau gula. Apabila dikemas akan dapat menjadi komoditi ekspor.

Sumber daya alam indonesia sesungguhnya sangat mendukung berbagai produksi yang dapat dijadikan komoditi ekspor. Akan tetapi tentu saja hal ini harus dilandasi dengan peningkatan ketrampilan dan teknologi yang terus menerus sebagai bagian dari sumberdaya manusia. Apalagi dalam era teknologi dan industrialisasi sekarang ini.

Kerajinan lontar dapat dijadikan sebagai cinderamata, misalnya seperti tas, topi, keranjang, tikar kipas, tutup saji dan lain sebagainya yang sangat disenangi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Lapangan kerajinan tangan tersebut tentunya  dapat menyerap tenaga kerja dan produksinya dapat menghasilkan pemasukan pendapatan bagi pengrajinnya dan juga untuk negara.

0 Response to "Manfaat Si Pohon Lontar Atau Siwalan"

Post a Comment

Harap

- Jangan komentar mengandung SPAM ( OOT, Link, Sara dan Pornografi )

Terima Kasih