Menumbuhkan Motivasi Diri

Sering kali rutinitas yang kita lakukan berulang-ulang akan menyebabkan rasa jenuh ataupun bosan sehingga menyebabkan kita untuk meninggalkan hal yang kita lakukan secara berulang-ulang tersebut. Kita cenderung akan melakukan hal yang menyenangkan, misalnya sesuatu hal yang baru saja kita lakukan atau kita pelajari, bahkan sesuatu yang belum pernah kita lakukan tetapi oranglain telah sukses melaksanakannya. Akan tetapi setelah kita melakukannya berulangkali atau bahkan baru beberapa kali melaksanakannya kita sudah mulai bosan atau jenuh sehingga kita akan berhenti melakukannya dan ingin melakukan sesuatu yang lain lagi.


Untuk itu kita butuh motivasi agar dapat konsisten dengan apa yang ingin kita lakukan, sehingga kita dapat mencapai apa yang kita inginkan. Apa itu motivasi? Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seseorang untuk mencapai tujuannya. Ada beberapa hal yang dapat menghilangkan motivasi, diantaranya adalah :
  1. Rutinitas yang berulang-ulang lambat laun akan menyebabkan titik jenuh.
  2. Kegagalan dari sesuatu yang ingin kita capai dari target dapat menyebabkan kita mengakhiri keinginan.
  3. Tidak adanya tujuan menyebabkan kita malas karena menganggap waktu yang kita lakukan akan sia-sia.
  4. Kurangnya keyakinan diri untuk dapat mencapai tujuan yang ingin kita capai.
  5. Ada saja masalah saat melakukan sesuatu.
  6. Komentar negatif dari orang lain dari apa yang kita lakukan.
  7. Tidak adanya dukungan dari keluarga, teman dan orang sekitar kita.
Membangun motivasi diri memanglah tidak mudah, akan tetapi kita pasti bisa melakukannya karena ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar dapat menumbuhkan kembali motivasi. Motivasi itulah yang dapat mendorong kita agar lebih kuat untuk mencapai tujuan yang ingin kita capai. Lalu bagaimana bagaimana caranya? Salah satunya sebagai berikut :
  1. Mulai dengan rasa senang. Dengan memulai rasa senang kita tidak akan merasa terbebani dengan apa yang kita lakukan. Bahkan kita akan merasa tidak akan cukup waktu karena kita senang dengan apa yang kita lakukan.
  2. Kegagalan adalah Pembelajaran. Jangan berhenti mencoba jika terjadi kegagalan, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Kita akan mengetahui kekurangan-kekurangan dari kegagalan-kegagalan.
  3. Selalu ingat dengan tujuan. Dengan tetap ingat akan tujuan kita akan terus melakukan apa yang kita inginkan sampai tercapai.
  4. Selalu optimis berhasil. Dengan selalu optimis berhasil kita akan semangat dengan apa yang kita lakukan.
  5. Jadikan masalah sebagai ujian. Tidak selalu apa yang kita lakukan akan semulus atau semudah dengan apa yang kita bayangkan. Karena suatu saat kita akan mengalami masa yang sulit, tetapi jangan pernah patah semangat karena pasti ada jalan untuk melewatinya.
  6. Jadikan Komentar negatif sebagai penyemangat. Apa yang kita sukai belum tentu orang lain menyukai, mungkin dari mereka akan meremehkan kita dengan apa yang kita lakukan tetapi buktikan bahwa komentar negatif adalah salah.
  7. Bekerja keras.
Demikianlah dari apa yang bisa saya utarakan dari cara menumbuhkan motivasi diri. Mari  kita buktikan bahwa kita mampu pada mereka yang tidak mendukung karena setelah berhasil mereka pasti akan mengerti dan mensuport dari apa yang kita lakukan.
Baca juga Belajar dari pulau solomon.


5 Responses to "Menumbuhkan Motivasi Diri"

  1. motivasi itu penting ya mas untuk kita, biar tetap semangat dan tidak ada kata putus asa dalam menggarungi kehidupan di dunia ini yang tidak akan terlepas pada problem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting sekali mas ibra, agar kita tetap fokus pada tujuan,,, :D

      Delete
  2. Hidup tanpa motivasi ibarat makan tanpa garam nggak asyik lha gimana mau semangat hidup kalau nggak punya motivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, juga seakan bernyanyi tanpa nada,,, :D

      Delete
  3. Bahwa dalam hidup ini tidak ada yang gagal, kita saja yang telah berhenti untuk mencoba sehingga terpuruk dan tidak menerima yang kita inginkan, meski mudah kalau lewat kata-kata, tapi kalau dijalani dengan sungguh-sungguh pasti akan mudah lebih mudah lagi.

    ReplyDelete

Harap

- Jangan komentar mengandung SPAM ( OOT, Link, Sara dan Pornografi )

Terima Kasih