Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir pada dapodik patch 2.0.8

Inilah cara bagaimana memperbaiki Nama dan Tanggal Lahir PTK dan Peserta Didik pada pctch 2.0.8. Seperti diketahui bahwa mulai patch 2.0.7 nama dan tanggal lahir PTK serta Peserta Didik tidak bisa di edit atau diubah. Mohon cara ini digunakan dengan bijaksana dah penuh tanggung jawab, karena tujuan dari tidak bisa diubahnya nama dan tanggal lahir tentunya dengan tujuan yang baik, bukan untuk mempersulit Operator tapi lebih untuk menjaga konsistensi data.

Jika memang karena suatu alasan, data Nama dan Tanggal Lahir di aplikasi memang belum valid karena mungkin dulu belum punya atau belum menyerahkan Akte Kelahiran, atau mungkin terbalik antara tanggal dan bulan sedangkan data yang begitu banyaknya tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan karena operator adalah manusia dimana adakalanya salah. Sedangkan pada Patch 2.0.8 tidak dapat diubah, dan verval NISN Peserta Didik datanya diambilkan dari dapodik maka kita harus mengedit data yang ada didapodik.


Sebelum mengedit serta melakukan langkah-langkah dibawah lebih baik Backup terlebih dahulu dapodik.



Jika agan ingin mengedit nama dan tanggal lahir dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut !
1. Buka aplikasi lewat Google Chrome, menurut saya lebih mudah find and edit kode html lewat Chrome dari pada Mozilla.
2.  Masuk ke tabel Peserta Didik atau PTK, misal saya pilih (Klik) salah satu PTK dibaris paling atas (warna baris menjadi biru)

3. Dobel Klik pada tanggal lahir PTK, pastikan krusor aktif didalam kolom "Tanggal Lahir"

4. Lalu klik kanan dan pilih Periksa eleman

5. Selanjutnya muncul jendela Elemant HTML, kalau tidak muncul tekan Ctrl+F lalu ketik disable class. Atau agan bisa geser kebawah cari text disabled class, tetapi lebih lama tentunya.

6. Ubah disable class menjadi unable class, kemudian klik di samping text yang kosong, maka akan seperti tampilan dibawah ini

7. Kemudian geser keatas, klik 2x di kolom Tanggal Lahir, pastikan krusor aktif didalam kolom tersebut, lalu agan bisa mengedit langsung datanya.

8. Setelah diedit klik ditempat kosong, maka kolom Tanggal Lahir kemudian simpan dengan klik tombol Simpan dibagian atas

9.  Jika berhasil di simpan akan muncul jendela pop up kecil dengan konfirmasi "Data Ptk berhasil diperbarui". Tutup jendela Periksa eleman dengan klik tanda silang (X) di bagian kanan bawah layar.

10. klik Reload

11. Untuk mengubah data Peserta Didik atau PTK yang lain, agan bisa ulangi langkah Nomor 7 tanpa melakukan edit HTML lagi

Sekali lagi saya tekankan mohon digunakan dengan bijaksana dan tanggung jawab.
Semoga bermanfaat.

2 Responses to "Cara Edit Nama dan Tanggal Lahir pada dapodik patch 2.0.8"

Harap

- Jangan komentar mengandung SPAM ( OOT, Link, Sara dan Pornografi )

Terima Kasih